Tips Menyimpan Buah di Kulkas Supaya Tahan Lama

Menyimpan buah di lemari pendingin bertujuan untuk menjaga kualitas buah agar lebih tahan lama. Selain itu memakan buah setelah disimpan di kulkas tentu akan terasa lebih segar. Tapi tahukah Anda jika ada tips menyimpan buah yang perlu diketahui agar buah tetap segar dan tahan lama?

Tips Menyimpan Buah di Kulkas Supaya Tahan Lama

Buah-buahan merupakan produk pangan yang rentan terjadi perubahan seperti tampilan fisik, rasa, tekstur, dan nutrisi selama proses penyimpanan. Berikut beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebelum menyimpan buah di kulkas.

1. Tips Menyimpan Buah – jangan mencuci buah

Buah yang akan disimpan di kulkas tidah perlu dicuci lebih dahulu. Hal ini dikarenakan ada sisa air yang tertinggal sehingga membuat buah tersebut lembab. Kelembapan inilah yang membuat buah cepat membusuk dan tidak tahan lama.

2. Perhatikan wadah penyimpanan buah

Tips menyimpan buah selanjutnya adalah memperhatikan wadah penyimpanan buah yang digunakan. Jika buah belum dikupas maka wadah penyimpanan yang digunakan perlu diberi lubang kecil yang berfungsi sebagai ventilasi.

3. Perhatikan suhu dalam kulkas

Jangan lupa untuk mengecek suhu kulkas agar buah tetap terjaga dengan baik dan tahan lama. Suhu ideal lemari pendingin untuk menyimpan buah dan sayuran yaitu sekitar 0-10 derajat celcius.

4. Perhatikan waktu penyimpanan

Tips menyimpan buah yang tidak boleh lalai Anda lakukan adalah waktu penyimpanan buah. Buah memiliki ketahanan penyimpanan yang berbeda di dalam kulkas. Buah yang terlalu lama disimpan juga tidak bagus karena akan mempengaruhi kandungan kualitas dan nutrisinya.

5. Jangan gabungkan dengan makanan lain

Buah-buahan sangat rentan terkontaminasi bakteri. Oleh karena itu pisahkan buah-buahan yang sudah disimpan dengan produk daging, ikan, unggas atau jenis makanan lainnya.

Itulah beberapa tips menyimpan buah di lemari pendingin yang bisa Anda lakukan. Hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah selalu menjaga kebersihan kulkas yang Anda miliki. Tujuannya adalah agar setiap bahan makanan yang disimpan dapat selalu terjaga dengan baik.