Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Kesehatan

Buah manggis merupakan salah satu buah-buahan tropis yang banyak ditemukan di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah ini tidak hanya memiliki rasa yang enak tapi juga memiliki beragam khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Seluruh bagian buah manggis mulai dari buah hingga kulit luarnya juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan.

Manggis merupakan buah yang mengandung kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, protein, karbohidrat dan serat. Buah ini juga mengandung vitamin C, vitamin B6, vitamin B12 dan vitamin A. Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah manggis :

1. Mencegah Penyakit Alzheimer

Salah satu manfaat utama dari buah manggis untuk kesehatan adalah keefektivitasannya dalam mencegah penyakit Alzheimer. Alzheimer biasanya disertai dengan gejala-gejala seperti kebingungan dan kesulitan dalam mengingat sesuatu.

2. Meningkatakn Sistem Kekebalan Tubuh

Buah manggis kaya akan kandungan serat, vitamin C, mineral dan xanthone yang mampu meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan senyawa dalam buah manggis juga dapat menangkis bakteri jahat dan mendorong daya tahan tubuh. Manggis juga sangat baik dikonsumsi bumil (ibu hamil) agar tak mudah sakit.

three. Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan tentu akan membuat seseorang merasa tidak percaya diri serta juga mengundang datangnya berbagai macam penyakit. Adapun salah satu langkah efektif dalam menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dimana salah satunya adalah buah manggis. Menurut salah satu studi, buah manggis memiliki sifat anti inflamasi yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan.

4. Mengontrol Gula Darah

Selain bisa mencegah kanker, senyawa xanthone yang ada di dalam manggis juga bisa membantu menjaga kadar gula dalam darah. Tak hanya itu, buah manggis juga mengandung serat yang bisa menstabilkan gula darah dan mengontrol diabetes. Kandungan xanthone dan serat dalam buah manggis dipercaya bisa membantu menyeimbangkan gula darah. Hal ini menjadikan buah manggis sebagai salah satu obat alami untuk penyakit diabetes.

5. Mengobati diare dan disentri

Bagi anda yang tengah mencari obat untuk diare dan disentri, anda bisa memanfaatkan kulit manggis dan dagingnya untuk dijadikan alternatif pengobatan. Dalam mengobati gangguan perut berupa diare dan disentri, anda bisa menggunakan kulit buah mangis untuk kemudian direbus. Selanjutnya, tunggu air rebusan hingga dingin lalu tambahkan madu ke dalamnya. Jangan lupa untuk menyaring kulit manggis dari air rebusan terlebih dahulu.

Sumber : Dari berbagai sumber