Macam-macam Pelatihan Kerja yang Bisa Diikuti Selama Pandemi

Mungkin banyak diantara Anda yang ikut merasakan dampak pandemi Covid-19, dimana di dunia kerja sendiri jam terbang mulai berkurang dari yang dulunya bekerja full time menjadi part time, bahkan mungkin sampai kehilangan pekerjaan karena perusahaan tersebut bangkrut atau tutup. Tak perlu sedih ini waktunya untuk menambah pengalaman dan juga skill baru dengan cara mengikuti pelatihan kerja. Tidak perlu khawatir juga mengingat pada dasarnya ada banyak lembaga pelatihan yang memang membuka kursus semacam ini.

Hal tersebut tentunya akan membantu Anda dalam meningkatkan skill serta mencari ilmu baru. ingat bahwa persaingan di dunia kerja belakangan ini menjadi semakin ketat, dimana untuk satu posisi di lapangan kerja terkadang yang memperebutkannya ada cukup banyak, jika Anda tidak memiliki kualifikasi yang lebih tentunya akan kalah saing dibandingkan dengan yang lainnya bukan. Sehingga jangan sampai nantinya merasakan hal tersebut.

Ada banyak jenis pelatihan kerja yang dapat Anda ikuti selama pandemi ini, tentunya yang dapat meningkatkan peluang karir kedepannya, diantaranya adalah:

  1. Pelatihan teknologi, diantaranya adalah bagaimana agar ahli dalam menggunakan MS. Word, Excel sampai dengan Adobe Photoshop dan yang lainnya. Keahlian-keahlian semacam ini nyatanya memang banyak memberikan manfaat bagi Anda, apalagi bagi yang ingin bekerja di kantor, mengingat memang hampir semua bidang pekerjaan saat ini memang sudah berbasis teknologi. Jika Anda tidak menguasainya tentunya akan kalah dibandingkan yang lain bukan, paling tidak jika mengikuti pelatihan maka ada bukti dari sertifikat yang dapat Anda lampirkan.
  2. Kursus bahasa asing, keahlian berbahasa asing sekarang ini juga sangat diperhitungkan ketika Anda masuk dalam dunia kerja. Apalagi memang faktanya tidak semua orang menguasai bahasa asing. Jika Anda punya kualifikasi lebih dalam hal ini. Tentunya akan jadi daya tarik bagi perusahaan untuk merekrut Anda bukan, jadi harus dipertimbangkan jika ingin mengikuti kursus atau belajar bahasa asing, mulai dari Bahasa Inggris sampai dengan Mandarin.
  3. Pelatihan bisnis, tak ada salahnya juga jika ingin meningkatkan keterampilan di dunia bisnis, karena ingin menggeluti bisnis sendiri. Ini akan sangat membantu Anda untuk bisa berkembang dalam usaha mandiri yang dijalani. Khusus untuk pelatihan-pelatihan yang ditawarkan juga cukup beragam, tergantung dari jenis bisnis yang ingin Anda geluti tersebut.
  4. Internet marketing, sekarang ini jika berbicara mengenai perkembangan teknologi memang kian pesat, diantaranya ilmu yang memang sangat berguna dalah internet marketing. Ilmu di bidang yang satu ini belum banyak yang menguasainya. Jika Anda memang tertarik maka tak ada salahnya untuk ikut kelas pelatihannya karena akan sangat bermanfaat.
  5. Public speaking, keahlian berbicara di depan umum atau public speaking nyatanya tidak dimiliki oleh semua orang. Namun akan sangat berguna bagi Anda di dalam perusahaan, karena kemampuan berkomunikasi nantinya akan digunakan dalam berbagai bidang. Ketika ingin menjadi leader atau pemimpin misalnya maka akan sangat butuh skill tersebut, bekerja di bidang marketing apalagi, kemampuan berkomunikasi adalah hal yang utama harus dimiliki.

Dibandingkan menggunakan waktu Anda untuk kegiatan yang kurang bermanfaat, maka lebih baik memakainya untuk mengikuti pelatihan kerja  bukan. Percayakan program pelatihan tersebut tentunya kepada lembaga yang tepat, seperti diantaranya adalah Prasmul-ELI yang pada dasarnya memang sudah berpengalaman, punya tenaga ahli yang pastinya kompeten di bidangnya, langsung saja cek program-program terbarunya langsung di website resminya.