Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Ilustrasi Buah Manggis (Sumber Foto: iStock/momjunction.com)Liputan6.com, Jakarta Buah manggis memiliki bentuk yang unik. Terdiri dari tiga bagian utama, yaitu kulit ungu tua, kulit luar atau kulit buah Mangostein yang agak keras, kemudian daging putih yang dapat dimakan yang melekat pada biji. Namun, biji manggis ini rasanya sangat pahit dan tidak dapat dimakan.

Buah manggis digemari banyak orang karena rasanya yang manis agak keasaman. Namun tidak hanya enak, manggis juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya buahnya, bahkan ekstrak kulit manggis sudah terkenal memiliki manfaat kesehatan yang besar.

Manfaat buah manggis untuk kesehatan tidak terlepas dari berbagai nutrisi yang dikandungnya. Bahkan manggis merupakan buah yang sudah dikenal sebagai pengobatan tradisional dari berbagai negara Asia, sejak abad ke-18. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (15/7/2019) tentang manfaat buah manggis.

Mengatasi Kanker dan Mengontrol Diabetes
Peningkatan diabetes/unsplashMengatasi kanker

Alfa Mangostin yang terkandung dalam ekstrak buah manggis, dapat menghambat terjadinya kanker payudara, seperti yang telah berhasil diungkap oleh Kritsanawong dalam penelitiannya. Hal ini tidak terlepas dari kandungan alfa mangostin dalam buah manggis mempunyai kemampuan yang dapat menghambat pertumbuhan sel irregular yang mengakibatkan kanker berkembang. Biasanya alfa-mangostin ini dikonsumsi dalam bentuk suplemen makanan.

Selain itu, ada juga penelitian dari Wang JJ yang mengungkapkan bahwa buah manggis juga bermanfaat dalam mengatasi kanker kulit. Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa hal ini disebabkan karena ekstrak etanol yang dihasilkan dari dinding buah manggis. Efek yang biasanya ditimbulkan oleh kanker kulit dapat dilawan dengan kemampuan yang dimiliki oleh ekstrak etanol dari buah manggis ini.

Mengontrol Diabetes

Dr. Donal O ‘Mathuna, dari Universitas Negeri Ohio, Amerika Serikat pernah membuat buku mengenai pengobatan alternatif. Di bukunya tersebut dirinya pernah menulis tentang penggunaan manggis untuk menyembuhkan diabetes. Secara efektif manggis memang mampu mengelola dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Melawan Alergi dan Mencegah Alzheimer
Gambar ilustrasiMelawan alergi

Manfaat buah manggis selanjutnya adalah dapat melawan alergi. Dalam sebuah penelitian di Jepang mengungkapkan bahwa buah manggis dapat melawan alergi. Ekstrak buah manggis mampu menghambat histamin atau penyebab tubuh gatal-gatal saat alergi dan penyebab tubuh terserang radang saat alergi yang disebut juga dengan sintesis prostaglandin

Mencegah penyakit Alzheimer

Salah satu manfaat utama dari buah manggis untuk kesehatan adalah efektivitasnya dalam mencegah penyakit Alzheimer. Alzheimer biasanya disertai dengan gejala-gejala seperti kebingungan dan kesulitan dalam mengingat sesuatu. Salah satu penelitian dari Universitas Borodubur mengatakan kalau manggis mengandung Xanthone yang cukup besar, dibandingkan dengan buah lainnya.

Mencegah TBC dan Menurunkan Berat Badan
TBC (iStockphoto)Mencegah TBC

Xanthone yang dimiliki oleh buah manggis mampu mencegah tubuh terserang TBC atau tuberculosis. Hal ini diungkapkan dari sebuah penelitian oleh suksamrarn dari Thailand. Kandungan alfa mangosteen serta beta mangosteen dalam buah manggis dapat memperlambat jalan mycobacterium tuberculosis yang merupakan bakteri penyebab TBC. Dengan buah mangga, maka konsentrasi bakteri penyebab TBC tersebut akan mengalami penurunan.

Menurunkan berat badan

Masih terkait dengan kandungan xanthone, buah manggis juga dapat menurunkan berat badan. Memasukkan buah manggis dalam menu food plan akan efektif dalam penurunan berat badan. Berbagai nutrisi yang ditemukan dalam buah manggis ini juga bisa memastikan kesehatan membaik. Manggis membantu dalam pencegahan penambahan berat badan, dengan membakar lemak.

Melawan peradangan

Berkaitan dengan alfa mangosteen dan beta mangosteen yang terkandung dalam buah manggis, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Chen LG menemukan bahwa buah manggis bermanfaat dalam melawan peradangan. Alfa mangosteen dan gamma mangosteen ini memiliki kemampuan dalam menghambat produksi nitrit oksida, suatu fuel yang bisa memperburuk kondisi peradangan yang kamu alami.

*
*