7 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Stok Barang dalam Stok Opname

Perusahaan besar seperti supermarket, pabrik dan lainnya tentu sudah tidak asing lagi dengan keberadaan stok barang. Untuk efektivitas waktu maka bisa dengan menggunakan aplikasi stok barang agar lebih terkontrol. Apalagi jika dihadapkan pada stok opname disaat waktu yang tidak tepat atau bukan jam kerja.

Memahami Cara Kerja Stok Barang

Stok barang merupakan suatu aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan untuk pengadaan barang yang ada dalam gudang. Hal tersebut dilakukan sebelum barang dijual ke konsumen, pengadaan stok barang ini berlangsung terus menerus. Ada barang masuk, keluar, return dan sebagainya dalam aktivitas gudang barang.

Maka perusahaan bagian pergudangan tentu membutuhkan aplikasi stok barang.  Tentunya agar bisa mengakses kemudahan dalam update keberadaan barang. Dalam hal ini barang akan jadi prioritas utama untuk diperhatikan dalam pengadaannya. Bahkan keberadaan stok barang ini juga akan dihadapkan pada kondisi stok opname.

Stock opname ini sangat penting untuk bisa mengendapkan barang sebelum dilakukannya penjualan. Maka barang akan dilihat dan dikontrol terlebih dahulu sesaat setelah masuk gudang atau setelah keluar gudang. Maka bantuan aplikasi untuk stok barang sangat penting gunanya dalam perusahaan.

Manfaat Aplikasi Stok Barang

Apa saja yang bisa didapatkan oleh perusahaan ketika memanfaatkan aplikasi stok barang? Terutama ketika terjadi stok opname dalam gudang. Inilah beberapa manfaat ketika menggunakan aplikasi tersebut:

1. Meminimalisir Penyimpanan atau Penimbunan Barang

Keberadaan aplikasi tentu akan memudahkan dari segi kontroling terhadap barang masuk serta keluar. Jadi dengan menggunakan aplikasi untuk stok barang maka akan meminimalisir penyimpanan yang ada di gudang. Apalagi berbenturan dengan kondisi stok opname, maka hal tersebut bisa diminimalisir.

2. Dapat Cepat Ditindaklanjuti Jika Ada Masalah

Adanya aplikasi ini saat mengontrol barang bisa jadi alat ukur untuk mengatasi masalah yang terjadi. Ketika muncul masalah pada pengadaan stok barang. Maka sesegera mungkin bisa ditindaklanjuti dengan lebih baik. Jadi hal ini sangat efektif serta efisien dilakukan dalam jangka waktu tertentu.

3. Digunakan Untuk Analisa

Keberadaan aplikasi untuk stok barang sebagai analisa yang ada saat ini. Dimana aplikasi tersebut bisa memberikan laporan tahun sebelumnya sehingga track record terekam dengan baik. Bagi perusahaan, hal ini sangat penting sebagai bahan evaluasi saat akan mengadakan stok barang.

4. Mengetahui Arus Barang

Arus barang yang keluar masuk, berapa jumlahnya akan terdeteksi dengan adanya aplikasi. Apalagi dalam melakukan kontroling terhadap masalah stok opname. Ketika hal tersebut terjadi dengan mudah aplikasi akan membantu untuk bisa melihat kondisi dan memberikan solusinya secara tepat.

5. Mengetahui Kondisi Barang Di Gudang

Kondisi barang di gudang sangat penting untuk diperhatikan, misalnya saja jumlah yang kurang, stok rusak dan sebagainya. Maka dengan bantuan aplikasi bisa segera mengetahui bagaimana kondisi barang yang ada di gudang. Kemudian tinggal ditindaklanjuti segera sebelum dilakukan penjualan pada barang tersebut.

6. Melakukan PO ke Vendor Lebih Cepat

Saat akan melakukan PO pada vendor maka akan diproses lebih cepat. Pasalnya aplikasi untuk stok barang ini bisa membaca berapa yang dibutuhkan dan berapa yang terjual. Bahkan bisa memproses dengan cepat sehingga gudang tidak akan kehabisan barang untuk dijual ke pasaran.

7. Kontroling Stok Opname

Untuk mengendalikan stok opname ketika karyawan penanggung jawab sudah pulang. Maka aplikasi untuk stok barang bisa melakukannya. Dengan menganalisa barang dan waktu yang akan dilakukan untuk stok opname tersebut.

Dengan adanya aplikasi stok barang dengan manfaat yang bisa didapatkan maka penggunanya dapat meningkatkan efektivitas kerja. Salah satu contoh aplikasi stok barang bisa dilihat di website software manajemen stok barang disini https://www.jurnal.id/id/fitur/produk-inventory/aplikasi-stok-barang/ dari fitur software Jurnal Indonesia.

Segala hal berkaitan dengan stok barang yang ada tinggal mengandalkan keberadaan aplikasi untuk stok barang tersebut. Jadi perusahaan dalam hal ini karyawan gudang tidak perlu lagi khawatir pada stok opname.