Muslim business woman with headset working in office. Happy arab woman working in company service center wearing headphone and using computer helping solving client problem. Islamic business woman working on computer at call center with copy space.

Posted 08/eleven/2019 by akg under Info Gizi AKG

Indonesia mempunyai banyak sekali dengan keragaman hayatinya, di antaranya adalah tanaman manggis (Garcinia mangostana L.). Dalam perjalanan perkembangan ilmu pengetahuan, para peniliti mencari zat-zat yang terdapat pada buah manggis yang bertujuan agar bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah manggis sangat kaya dengan zat gizi yang menakjubkan. Zat tersebut adalah xanton yang banyak terdapat pada kulitnya. Kandungan xanton sebenarnya terdapat juga pada daging buah manggis, namun kandungan xanton tertinggi terdapat pada kulitnya yaitu 107,76 mg per 100 g kulit buah manggis.

Buah manggis dianggap sangat istimewa, warna kulitnya merah kehitaman, daging buahnya putih bersih dan manis, serta senyawa yang menjadi primadona buah itu adalah xanton. Xanton tidak ditemukan pada buah-buahan lain karena itulah buah manggis dijuluki queen of fruits (ratu buah). Selain xanton, buah manggis juga mengandung katekin, potasium, kalsium, fosfor, besi, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, dan vitamin C.

Dalam tubuh manusia xanton berfungsi sebagai antioksidan, antiproliferasi, anti-inflamasi, dan antimikrobial. Xanton adalah antioksidan kuat, yang sangat dibutuhkan untuk penyeimbang pro-oxidant (radikal bebas) di dalam tubuh dan lingkungan. Sifat antioksidan xanton melebihi vitamin E dan vitamin C, yang selama ini terkenal sebagai antioksidan tinggi. Pada tahun 2002, para ilmuwan The National Research Institute of Chinese Medicine di Taiwan berhasil menemukan khasiat garcinone E (derivat xanton) yang sangat efektif untuk menghambat kanker hati, kanker lambung, dan kanker paru-paru.

Cara pengolahan yang dapat dilakukan adalah dengan membuat jus kulit manggis (jus xanton). Cara yang dilakukan adalah dengan pertama mencuci kulit buah tersebut hingga tidak ada lagi kotoran yang menempel, kemudian direbus dalam air mendidih selama tiga menit. Setelah dingin, dihancurkan dengan menggunakan blender ditambah air, lalu setelah diblender hasil tersebut disaring. Hasil yang telah disaring akan didiamkan selama 12 jam (dekantasi), setelah itu filtrat dibagian atas yang berwarna merah diambil dan dicampurkan dengan gula pasir, asam sitrat, garam dapur, lalu diaduk dengan mixer selama lima menit. Terakhir masukkan hasil tersebut ke dalam botol dan dikukus selama 15 menit. Jus xanton ini dapat diminum tiga kali sehari dalam dua sendok makan. Jus ini dapat meningkatkan kebugaran tubuh, mencegah kanker dan TBC, serta menurunkan kadar kolesterol.

Referensi:

Yatman E. Kulit Buah Manggis Mengandung Xanton Yang Berkhasiat Tinggi. Widya. 2013;324(29).