Seiring dengan perkembangan teknologi maka ada banyak sekali hal yang dipermudah dalam kehidupan. Termasuk diantaranya adalah fasilitas kesehatan juga bisa didapatkan secara online. Sekarang ini ada banyak sekali layanan konsultasi dokter yang tidak hanya bisa dilakukan secara langsung, melainkan dengan perantara sebuah aplikasi. Tentu banyak diantara Anda yang sudah tidak asing dengan konsultasi online yang satu ini bukan. Mengingat banyak sekali aplikasi-aplikasi yang menghadirkannya.

Di tengah kondisi pandemi virus Corona seperti sekarang ini tak dapat dipungkiri jika seandainya ada lebih banyak masyarakat yang memanfaatkan keberadaan layanan tersebut. Hal ini memang bukan tanpa alasan, melainkan dengan adanya layanan tersebut maka memungkinkan keamanan juga lebih terjaga. Apalagi memang fasilitas kesehatan seperti diantaranya adalah rumah sakit merupakan tempat yang paling riskan menyebabkan penularan Covid 19. Tentunya hadirnya layanan semacam ini akan sangat membantu Anda bukan.

Hanya saja mungkin banyak diantara Anda yang masih meragukan layanan konsultasi dokter secara online. Karena tidak dilakukan secara langsung ditakutkan nantinya hasilnya juga kurang optimal, salah diagnosa dan sebagainya. Untuk itu maka berikut ini diantaranya ada beberapa tips dalam melakukan konsultasi online yang dapat Anda terapkan, untuk mendapatkan hasil yang optimal tentunya, yaitu:

  1. Pastikan bahwa data diri yang Anda berikan benar, tak hanya nama saja melainkan yang tidak kalah penting adalah usia, jenis kelamin, berat badan dan juga tinggi badan. Karena nantinya hal tersebut juga akan mempengaruhi resep obat yang diberikan dan sejenisnya. karena tidak dilakukan secara langsung maka pihak dokter memang tidak bisa untuk melihat Anda secara langsung.
  2. Menyampaikan keluhan yang dialami secara jelas, ini tak kalah penting karena memang terkadang antara satu penyakit dengan yang lainnya memiliki keluhan yang mirip. Takutnya dokter juga akan salah dalam melakukan diagnosa penyakit tersebut. untuk itu aka pastikan bahwa Anda menyampaikan keluhan apa saja yang dialami secara jelas.
  3. Beritahu dokter jika seandainya Anda tengah mengonsumsi obat, suplemen maupun vitamin-vitamin tertentu, ini juga termasuk hal yang sangat penting sehingga ketika meresepkan obat nantinya dokter juga tidak salah, mengingat terkadang ada beberapa obat yang tidak dapat dikonsumsi secara bersamaan, karena akan memberikan efek atau interaksi yang kurang bagus bagi tubuh.
  4. Pastikan bahwa Anda benar-benar paham terhadap penjelasan yang diberikan oleh dokter, jika memang ada yang belum dimengerti lebih baik untuk menanyakannya secara langsung sebelum sesi konsultasi tersebut diakhiri. Tak perlu ragu untuk bertanya, karena memang di dalam sesi konsultasi secara tidak langsung rentan sekali salah persepsi atau miss komunikasi.
  5. Ikuti anjuran yang diberikan oleh dokter, termasuk jika seandainya Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium sebagai penunjang hal ini juga jangan ditunda, segera dilakukan. Karena memang besar kemungkinan dokter tersebut tidak dapat mendiagnosa penyakit yang tengah Anda keluhkan secara langsung, sehingga harus ada beberapa bukti penunjang untuk mengetahuinya. Biasanya Anda akan disarankan untuk datang ke rumah sakit secara langsung.

Layanan konsultasi dengan dokter secara online ini dapat Anda lakukan secara mudah dengan mengandalkan aplikasi dari Aido. Bahkan tidak hanya konsultasi saja, melainkan juga ada beberapa bentuk pelayanan medis lainnya yang ditawarkan disini. Termasuk diantaranya adalah fisioterapi bahkan juga vaksinasi tersedia, langsung saja buka aplikasinya.