Manggis Sang Ratu Buah, Kenali Enam Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kesehatan

Jakarta, (Tagar 7/5/2018) – Kulitnya berwarna ungu gelap dengan daging putih berasa asam manis ini dikenal luas sebagai ‘ratu buah’. Di balik namanya yang megah, manggis juga menyimpan sederet manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manggis merupakan buah yang mengandung kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, protein, karbohidrat dan serat. Buah ini juga mengandung vitamin C, vitamin B6, vitamin B12 dan vitamin A.

Kandungan tersebut membuat manggis bermanfaat untuk:

1.Menjaga kesehatan kulit

Manggis dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Ini karena manggis memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, antijamur, antialergi, serta mengandung antioksidan tinggi untuk membantu mengurangi risiko berbagai kondisi, seperti peradangan dan penuaan kulit, eksim, alergi dan infeksi bakteri.

2.Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan yang tinggi pada manggis dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, yang pada akhirnya turut melindungi DNA dari kerusakan dan mutasi.

3.Menurunkan kolesterol

Mengonsumsi manggis secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol whole, trigliserida, dan kolesterol jahat. Gamma mangostin yang terdapat di dalam manggis dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol jahat.

Sedangkan polifenol yang juga terdapat pada manggis dapat menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan di dalam tubuh. Dengan terjaganya kadar kolesterol, maka akan terhindar dari stroke maupun serangan jantung.

four.Melancarkan peredaran darah

Buah manggis berperan dalam ‘mempromosikan’ sel darah merah, dan mencegah anemia. Ini karena manggis mampu meningkatkan aliran darah, sekaligus menjaga kadar gula di dalam tubuh. Lebih jauh, manggis juga dapat mencegah penyakit katarak karena dapat memperlancar peredaran darah ke mata.

5.Mengurangi inflamasi

Kandungan zat antiinflamasi di dalam manggis sangat berguna untuk mengurangi gejala radang sendi dengan cara menurunkan kadar C-reaktif protein (CRP), yang merupakan salah satu penyebab terjadinya inflamasi.

6.Membantu mengendalikan diabetes

Mengonsumsi manggis secara teratur dapat membantu mengendalikan penyakit diabetes. Antioksidan di dalam manggis dapat mengendalikan metabolisme glukosa di dalam darah, mengurangi resistensi insulin, dan membantu pankreas memproduksi insulin secara efektif.

Ingin merasakan manfaat manggis seperti yang diuraikan di atas? Pastikan mengosumsi manggis secara rutin, dan dalam jumlah yang tepat. Tapi ingat, buah yang satu ini hanya berperan sebagai asupan pendukung semata. Artinya, manggis tidak bisa menggantikan peran obat-obatan yang diberikan oleh dokter. (af)