Manfaat Masker Kopi Dan Cara Membuatnya Sendiri Di Rumah

Masker Kopi. ©2020 Merdeka.com Merdeka.com – Secangkir kopi mungkin menjadi favorit untuk menemani sarapan pagi atau waktu bersantai Anda. Karena kopi dapat membantu meningkatkan energi dan memperlancar metabolisme tubuh.

Meski kopi paling banyak dinikmati sebagai minuman, kopi juga mendapatkan reputasi sebagai obat alternatif bagi kulit. Hal ini berkat antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Antioksidan yang mencakup fenol membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit. Faktanya, American Chemical Society telah menemukan bahwa kopi adalah sumber antioksidan paling populer di AS -bahkan lebih populer dari minuman kaya antioksidan lainnya seperti teh dan anggur.

Minum secangkir kopi dapat membantu Anda menyuplai antioksidan secara inner ke dalam tubuh. Sementara, banyak manfaat lain yang dapat tubuh Anda dapatkan secara eksternal dengan menggunakan kopi sebagai bahan dasar masker wajah atau scrub badan.

Berikut adalah 7 manfaat masker kopi terhadap kulit.

7 Manfaat Kopi Secara Umum Bagi Kulit Merdeka.com

Dikutip dari healthline.com, di bawah ini adalah 7 manfaat kopi secara umum bagi kulit;

Mengurangi selulit – Kopi dapat membantu mengurangi tampilan selulit pada kulit. Kandungan kafein dalam kopi adalah kunci untuk pengurangan selulit dengan melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan. Menggunakan scrub kopi adalah cara terbaik karena butiran-butiran biji kopi yang sudah dihaluskan dapat meng-eksfoliasi kulit dan membuatnya tampak halus dan cerah merata.

Memiliki efek menenangkan – Walaupun kopi terkenal dengan efek stimulasinya di dalam tubuh ketika diminum, kopi dapat memberikan efek sebaliknya ketika dioleskan. Hal ini berkat antioksidan yang terkandung dalam kopi.

Anti-growing older – Menggunakan kopi secara langsung pada kulit dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik akibat sinar matahari, kemerahan, dan garis-garis halus. Faktanya, menurut penelitian yang dilakukan Wellness Communications Section, Nestlé Japan menemukan korelasi langsung antara minum kopi dan penurunan efek penuaan pada wajah.

Mengandung Vitamin B3 untuk kanker kulit – Kopi adalah sumber kaya vitamin B3 (niasin), berkat pemecahan senyawa kunci yang disebut trigonelin. Namun, trigonelin terurai menjadi niasin setelah biji kopi dipanggang. Menurut Yayasan Kanker Kulit, niasin dapat membantu dalam mencegah kanker kulit non-melanoma.

Mengurangi peradangan – Efek anti-inflamasi dapat dikaitkan dengan asam klorogenat (CGA) serta melanoidin dalam kopi. CGA juga membantu mengurangi hiperpigmentasi yang mungkin berhubungan dengan peradangan.

Mengobati jerawat – Dalam kasus luka atau infeksi kulit, penggunaan kopi secara teratur dapat membantu mengatasi masalah yang disebabkan oleh bakteri berbahaya. CGA dalam kopi memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Dikombinasikan dengan sifat eksfoliasi alami dari bubuk kopi, semua manfaat ini secara kolektif dapat melawan jerawat.

Lingkaran hitam – Kopi juga dapat membantu mengobati lingkaran hitam yang membandel di bawah mata, menurut Beverly Hills MD Cosmeceuticals. Ini karena kandungan kafein dalam kopi dianggap membantu melebarkan pembuluh darah yang berkontribusi pada lingkaran hitam.

Kopi Sebagai Bahan Masker Wajah
Penggunaan kopi sebagai bahan dasar masker wajah sangat populer sejak beberapa waktu yang lalu. Selain kopi adalah bahan alami yang kaya akan manfaat dan mengandung antioksidan, kopi juga sangat mudah ditemukan di mana-mana.

Banyak produsen produk kecantikan yang sudah menggunakan kopi sebagai bahan baku produknya. Tanggapan masyarakat pun positif. Karena kopi memang terbukti dapat membantu wajah nampak sehat, kenyal, cerah dan terhindar dari penuaan dini. Merdeka.com

Manfaat Masker Wajah Berbahan Kopi
Eksfoliasi alami: Dengan teksturnya yang unik, kopi adalah lulur dan masker wajah terbaik yang dapat Anda gunakan. Tidak hanya menghilangkan kulit mati, kopi juga menambah cahaya alami ke wajah Anda. Masker wajah kopi mengembalikan kilau yang hilang pada wajah yang tampak kering dan lelah.

Mencerahkan kulit: Masker wajah yang terbuat dari campuran kopi dan susu dapat membuat kulit Anda terlihat lebih terang dan cerah secara instan. Hal ini karena kopi dapat menghilangkan lapisan luar kulit yang mati dan memperlihatkan warna kulit yang segar dan lebih bercahaya.

Mata bengkak dan pengurangan lingkaran hitam: Mengoleskan kopi di sekitar mata Anda tidak hanya dapat mengurangi tampilan lingkaran hitam tetapi juga mengurangi pembengkakan dengan menyusutkan pembuluh darah. Anti-oksidan dalam kopi membantu mengembalikan tekstur alami dan kulit sehat di sekitar mata Anda.

Cara Membuat Sendiri Masker Kopi
Berikut ini adalah 3 cara membuat masker kopi yang bisa Anda praktekkan di rumah. Selain mudah, campuran bahan-bahan yang dianjurkan juga banyak tersedia dan gampang ditemukan.

three campuran masker kopi ini memiliki fungsi dan kelebihan masing-masing.

– Masker kopi dancoconut oiluntuk kulit sehat dan terlihat muda,

– Masker kopi dan madu untuk mencerahkan wajah secara instan,

– Masker kopi, cuka apel, danbentonite clayuntuk kulit sehat dan bersih.

Masker Kopi dan Coconut Oil untuk Kulit Sehat, Terlihat Lebih Muda
Sementara kopi merangsang sirkulasi darah dan membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh matahari yang keras,coconut oilatau minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba untuk membuat lapisan pelindung pada kulit Anda terhadap polutan.

Minyak kelapa juga melembapkan kulit. Bersama-sama, kopi dan minyak kelapa dapat menghasilkan kulit yang sehat, bercahaya, dan tampak lebih muda.

Masker wajah kopi dengan minyak kelapa akan membantu Anda mencapai kulit yang tampak lembut dan cantik. Langkah-langkah membuat masker wajah kopi danсoconut oil:

* Campurkan satu sendok makan bubuk kopi dengan satu sendok makan minyak kelapa untuk membuat pasta kental
* Cuci muka dan keringkan dengan lembut
* Oleskan masker secara merata di wajah Anda
* Biarkan selama 15 menit
* Pijat dengan lembut sebelum dicuci
* Bilas wajah Anda dengan air hangat dan gunakan handuk lembut untuk menyeka sisa-sisa pasta.

Oleskan masker ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk kulit yang nampak bercahaya.

Masker Kopi dan Madu untuk Mencerahkan Secara Instan
Madu dikenal karena khasiat penguatnya yang instan. Sebagai antibakteri alami dan penuh anti oksidan, madu yang dikombinasikan dengan kopi dapat membuat kulit Anda lebih terang hampir seketika setelah diaplikasikan.

Madu mempertahankan kelembapan pada kulit sementara kopi membuatnya tetap terhidrasi dan kenyal. Masker kopi dan madu juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat dan untuk memberi cahaya alami pada wajah.

Langkah-langkah membuat masker wajah kopi dan madu:

* Buat pasta kental dengan madu dan kopi
* Bersihkan leher dan wajah Anda sebelum mengoleskan masker
* Biarkan selama 20 menit
* Pijat wajah Anda dengan lembut dalam gerakan melingkar selama beberapa menit sebelum membilas masker
* Cuci muka dengan air regular

Gunakan paket wajah ini setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah dan kenyal.

Masker Kopi, Cuka Apel dan Bentonite Clay untuk Kulit Sehat dan Bersih
Cuka apel adalah zat alami yang dapat membersihkan kulit dari noda dan bintik-bintik akibat sinar matahari.Bentonite clay akanmengeras pada kulit setelah diaplikasikan dan mengekstraksi bakteri serta racun dari pori-pori.

Dua bahan alami ini, apabila dikombinasikan dengan kopi, dapat membuat kulit wajah menjadi sehat dan bercahaya. Langkah-langkah membuat maskerkopi, cuka apel, danbentonite clay:

* Campurkan 3 sendok makan tanah liat, 2 sendok makan cuka sari apel dan 2 sendok makan kopi bubuk untuk membuat pasta kental. Gunakan air (jika perlu) untuk mendapatkan konsistensi yang benar.
* Oleskan pada wajah Anda dengan menyebarkannya dengan jari. Hindari mengoleskan di sekitar mata karena tanah liat akan mengeras
* Diamkan selama 5 hingga 10 menit
* Pijat dengan jari-jari ringan karena kopi akan sedikit tekstur kasar bekerja sebagai exfoliator yang sempurna
* Cuci wajah Anda dengan air dan oleskan pelembap untuk menghindari kekeringan.

Gunakan sekali dalam seminggu untuk mendapatkan kulit yang indah,bersih dan cerah.

[edl]