Kandungan Dan Manfaat Kulit Buah Manggis Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Kesehatan

Buah manggis dikenal juga sebagai ratu buah dan durian sebagai rajanya. Buah manggis memiliki daging yang berawarna putih dengan tekstur sedikit berserat dan rasanya enak. Rasa buah ini manis dan menyegarkan karena mengandung banyak air. Namun ada yang lebih penting dari itu semua, yaitu karena khasiat buah manggis untuk kesehatan. Belakangan ini banyak penelitian yang meneliti manfaat dari buah manggis terutama kulit buah manggis. Kulit buah manggis memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan (mengobati berbagai macam penyakit). Adapun kandungan dari kulit buah manggis, antara lain :

Mengandung Xanthone

Xanthone merupakan sejenis senyawa polifenol yang sangat jarang ditemukan di alam dan paling banyak ditemukan dalam dua keluarga tanaman. Ada sekitar 200 jenis xanthones alami yang telah teridentifikasi, dan sekitar forty jenis diantaranya terdapat dalam buah manggis. Xanthone ini berfungsi sebagai anti-inflamasi dan anti alergi.

Kaya Vitamin C

Buah manggis dapat memenuhi kebutuhan vitamin C pada tubuh sebesar 12% per a hundred gram daging buahnya. Vitamin C ini merupakan vitamin larut air yang bekerja kuat sebagai antioksidan. Vitamin C dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap seranagan penyakit seperti infeksi, flu hingga penyakit mematikan seperti kanker.

Rendah Kalori

Buah ini cocok dikonsumsi untuk orang yang sedang food regimen. Terdapat sekitar sixty three kalori per 100 gram buah manggis. Buah manggis tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Buah ini mampu mencukupi kebutuhan serat tubuh sebanyak thirteen% dari setiap 100gramnya.

Vitamin B Kompleks

Buah manggis mengandung vitamin B kompleks seperti folat, thiamin dan niacin. Vitamin ini berfungsi sebagai kofaktor dalam memetabolisme protein, karbohidrat dan lemak.

Adapun manfaat dari kulit buah manggis, antara lain :

Obat Diare

Hasil rebusan daun manggis dan kulitnya dapat mengatasi berbagai gejala seperti menurunkan demam, sariawan, mengatasi diare, disentri hingga saluran kencing.

Cegah Penyakit Jantung

Buah manggis mengandung sejumlah mineral seperti, mangan, magnesium dan tembaga. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Buah manggis dapat melindungi tubuh terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.

Obat Sariawan

Kandungan vitamin C pada manggis dapat berfungsi menyembuhkan sariawan. Cara membuat ramuan dari kulit manggis untuk menyembuhkan sariawan yaitu dengan menyiapkan 2 buah manggis yang sudah dicuci dan dipotong-potong. Rebus kulit manggis dengan 3 gelas air hingga ukurannya berkurang 50%. Saring hasil rebusan dan kumur setelah dingin.

Anti Kanker

Kandungan xanthone dalam kulit buah manggis dapat bersifat anti proliferasi danapoptosis yaitu efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker bahkan dapat menghancurkan sel-sel kanker.

Meremajakan Kulit

Khasiat dari kulit buah manggis lainnya yaitu agar wajah lebih awet muda. Kandungan antioksidan dalam kulit buah manggis dapat mencegah penuaan dini serta meregenerasi sel kulit.