Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Manfaat Kulit Buah Manggis bagi KesehatanBola.com, Jakarta – Kulit manggis sering terabaikan dan disepelekan. Biasanya orang hanya menyantap daging buahnya. Padahal kulit manggis memiliki manfaat untuk membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan.

Kulit manggis mampu mencegah sekaligus mengatasi berbagai jenis penyakit, termasuk jantung koroner dan penyakit kulit. Bahkan, ekstra kulit manggis juga sudah banyak digunakan dalam produk obat-obatan.

Namun, sebaiknya Anda mengolah kulit manggis sendiri karena lebih alami ketimbang yang sudah menjadi produk obat-obatan yang tercampur dengan bahan kimia lainnya. Caranya, Anda bisa meminum rebusan kulit manggis yang telah dibersihkan.

Kulit manggis juga bisa dijadikan sebagai pewarna alami. Cangkang buah itu berwarna merah atau keunguan yang bisa dibuat sebagai pewarna bahan tertentu, termasuk kain.

Sebuah penelitian menemukan kulit manggis memiliki zat xanthones yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Zat itulah yang dapat mencegah berbagai penyakit kronis.

Berikut adalah sederet manfaat kulit manggis bagi kesehatan yang kerap diabaikan, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (thirteen/eleven/2019).

1. Manfaat Kulit Manggis: Menjaga Kesehatan Jantung
Kulit manggis terbukti mampu menjaga kesehatan sekaligus menyembuhkan beragam jenis penyakit, termasuk jantung koroner. Senyawa Xanthones dalam kulit manggis sangat bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular, menyembuhkan penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, trombosis, dan lain sebagainya.

Kandungan Xanthones dalam kulit manggis juga berfungsi melancarkan pembuluh darah, sehingga akan menyusutkan tumpukan lemak dalam darah yang menjadi pemicu penyakit jantung koroner.

2. Manfaat Kulit Manggis: Mencegah Kanker
Tak hanya menjaga kesehatan jantung, senyawa Xanthones dalam kulit manggis dipercaya mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Meminum teh kulit manggis dapat membunuh sel kanker, sehingga Anda dapat mencegah penyakit mematikan yang satu ini.

Kandungan antioksidan dalam kulit manggis juga dapat mencegah proliferasi sel kanker. Kandungan ini bahkan sangat dianjurkan bagi pengidap kanker sambil dibarengi dengan kemoterapi dan radioterapi.

three. Manfaat Kulit Manggis: Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kulit manggis kaya vitamin C yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Nutrisi tersebut akan membuat tubuh Anda tidak mudah terserang penyakit.

Cangkang buah ini juga memiliki senyawa anti-mikroba yang sangat efektif terhadap Staphylococcus aureus. Kandungan tersebut terbukti mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Manfaat Kulit Manggis: Mengatasi Diabetes
Manfaat kulit manggis berikutnya adalah mengatasi diabetes. Kulit manggis memiliki kemampuan mengontrol kadar gula darah.

Kulit manggis mengandung rendah kalori yang aman bagi pengidap diabetes. Kulit manggis juga kaya serat guna menjaga gula darah dalam tingkat regular. Kulit buah ini juga mampu mengikat gula berlebih di usus dan mencegahnya agar tidak menyerap ke dalam darah.

Namun Anda tidak bisa meminum rebusan air manggis saja. Anda juga perlu mengimbanginya dengan pola hidup sehat. Caranya dengan mengonsumsi buah dan sayur, serta rajin berolahraga.

5. Manfaat Kulit Manggis: Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Mata
Kandungan kalsium dalam kulit manggis juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekuatan tulang. Kalsium merupakan zat terpenting yang dibutuhkan oleh tulang untuk mencegah osteoporosis.

Simak artikelterkait di sini.

Kulit manggis juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak untuk mendukung pertumbuhan dan kekuatan tulangnya.

Selain itu, kulit manggis juga mengandung vitamin A cukup tinggi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Nutrisi ini dapat melindungi retina dan mempertajam penglihatan, serta mencegah kerabunan.

Sumber:Health Line, Science Direct

Lebih Dekat Veronica Angeloni

*
*