Bagi petani, selain dikonsumsi sendiri, sayuran dan buah umumnya juga dijual sebagai tambahan penghasilan. Kalau Anda merupakan salah satunya, penting untuk mengetahui bagaimana tips untuk memasarkan produk-produk tersebut. Jangan sampai produk yang hendak Anda jual rusak atau turun harganya karena salah dalam proses pendistribusiannya.

Ada banyak cara untuk menjual produk pertanian, mulai dari menjualnya secara tradisional di pasar atau toko, bisa juga menjualnya secara daring. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang semakin baik, kini penjualan secara daring lebih digemari oleh masyarakat. Sebelum menjual hasil pertanian yang sudah Anda miliki, berikut adalah tips yang harus Anda ketahui.

Melakukan Studi Pemasaran

Walaupun terkesan sederhana, penjualan produk hasil pertanian tetap harus menggunakan studi pemasaran. Ini berguna agar produk yang Anda miliki bisa terjual langsung ke pangsa pasar yang dituju, serta membuatnya lebih laris. Hal-hal penting yang perlu Anda lakukan dalam studi pemasaran di antaranya:

  • Mengetahui pangsa pasar yang akan Anda jadikan target penjualan.
  • Memilih distributor yang baik jika Anda ingin mencari pangsa pasar yang lebih luas.
  • Lakukan promosi jika memang diperlukan untuk menarik pelanggan.

Tujuan dari melakukan studi pemasaran adalah mendapatkan data-data pelanggan, sehingga Anda bisa menjangkau dan mengetahui apa kebutuhan mereka. Aktifitas ini juga bisa membantu Anda untuk mengetahui minat pasar yang terus berubah sepanjang waktu.

 

Persiapkan Produk dengan Baik

Setelah mengetahui hasil pertanian yang didapatkan dari panen, ada baiknya Anda segera mempersiapkan produk tersebut dengan baik. Misalnya dengan mengemas produk, sehingga bisa diterima pelanggan dalam keadaan yang segar. Perhatikan pula jumlah produk yang dimiliki, pastikan bahwa ia memang cukup untuk dijual atau distribusikan ke pengepul.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan selama proses persiapan produk, di antaranya adalah:

  • Menetapkan standar kualitas produk yang Anda miliki, sehingga ia menjadi produk yang berbeda dan spesial.
  • Usahakan untuk tidak mengandalkan satu jenis produk saja, jika memiliki banyak produk, ratakan fokus pembelian ke semua produk yang dimiliki.
  • Buat kemasan semenarik mungkin, sehingga pelanggan berniat untuk melakukan pembelian.
  • Buatlah inovasi dengan produk yang Anda miliki, sehingga value produk menjadi lebih baik.

Tentukan Platform Penjualan

Setelah semua produk Anda persiapkan dan kemas dengan baik, Anda bisa menentukan dimana Anda hendak melakukan penjualan. Jika produk cepat rusak, melakukan penjualan secara langsung di pasar tradisional bisa menjadi pilihan. Namun jika Anda ingin menjual hasil pertanian di platform daring, kemas dengan baik produk tersebut, sehingga bisa sampai di tangan pelanggan dengan baik.

Ada banyak platform yang bisa Anda jadikan media penjualan, salah satunya adalah Tanihub.com. Disana Anda bisa menjual berbagai sayur, buah, ataupun hasil pertanian lain langsung kepada pelanggan. Tanihub.com menawarkan kemudahan, di antaranya adalah:

  • Bisa diakses dengan mudah oleh semua pelanggan, tersedia pula beragam jenis kategori untuk penjualan.
  • Telah tersedia dalam bentuk aplikasi dan dapat diakses dari perangkat iPhone serta Android, membuat jangkauan pelanggan lebih luas.
  • Anda bisa menjual berbagai olahan hasil pertanian, mulai dari makanan beku, rempa, serta minuman.

Untuk Anda yang ingin berbelanja hasil pertanian dengan lebih mudah, Tanihub.com bisa menjadi pilihan yang tepat. Akses yang mudah dan pilihan produk yang lengkap membuatnya menjadi platform daring yang tepat untuk mencukupi kebutuhan dapur, mulai dari sayuran, buah, rempah, hingga telur dan daging.