Begini Sistem Kerja dari Toyota Hybrid

Saat ini Toyota adalah salah satu produsen kendaraan hybrid terbesar di dunia. Mobil jenis ini menjadi semakin populer karena performanya yang tinggi, kehandalan dalam berbagai medan, ramah lingkungan dan biaya pengoperasian yang rendah.

Tapi bagaimana sistem hybrid Toyota bekerja secara berbeda dari kendaraan bensin dan listrik? Ini yang akan menjadi bahasan kita sekarang, karena beberapa keluaran terbaru Toyota nantinya seperti Fortuner, kemudian Innova akan menggunakan sistem hybrid ini.

Meskipun memang hanya beberapa type mobil saja keluaran Toyota yang sudah resmi menggunakan teknologi ini namun tidak menutup kemungkinan type lain juga suatu saat akan disematkan juga oleh pihak Toyota demi memberikan pilihan terbaik bagi pelangganya di seluruh Dunia.

Beberapa mobil keluaran Toyota yang sudah Hybrid ini memang sedikit sekali misalkan ada type dari Camry, kemudian Altis, CH-R dan Verius dan dari sisi harga memang tidak jauh berbeda dengan harga innova reborn keluaran terbaru dengan banyak keunggulan yang ada dalam sistem hybrid ini sendiri.

Sistem hybrid Toyota menggunakan mesin bensin dan motor listrik. Ini adalah hibrida penuh ,mobil dapat digerakkan baik dengan prinsip penggunaan bersama mesin pembakaran internal (ICE) dan baterai HV, atau hanya dengan listrik.

Hal ini membedakan Toyota Hybrid dari sistem hybrid ringan lainnya, di mana motor listrik hanya bekerja untuk meningkatkan performa mesin bensin dan secara eksklusif.

Sistem Toyota Hybrid terdiri dari:

Mesin bensin yang bekerja pada siklus Atkinson. Mesin pembakaran internal paling efisien pada rpm menengah dan tinggi, memiliki efisiensi tinggi serta konsumsi bahan bakar dan tingkat kebisingan yang rendah

Mengontrol motor listrik. Melakukan peran generator energi dari mesin pembakaran internal untuk mengisi ulang baterai tegangan tinggi, serta peran sebagai starter mesin pembakaran internal.

Motor listrik traksi. Didesain untuk menggerakkan kendaraan. Juga bertindak sebagai generator selama proses pemulihan komponen mobil itu sendiri.

Transmisi hybrid. Ini adalah roda gigi planet, merupakan pembagi daya dan mendistribusikan torsi antara motor traksi dan mesin pembakaran internal. Transmisi hybrid bukanlah variator dalam pengertian klasik, karena tidak memiliki poros, cengkeraman, sabuk maupun rantai.

Inverter. Mengubah arus bolak-balik (AC) dari motor listrik menjadi arus searah (DC) untuk mengisi ulang baterai dan sebaliknya. Juga mengubah 250V dari baterai HV menjadi 650V untuk memulai dan menjalankan motor traksi.

Baterai bertegangan tinggi. Memiliki kepadatan energi yang tinggi. Baterai nickel-metal hydride menyediakan pengisian maupun pengosongan 30% hingga 90% yang stabil untuk kinerja baterai yang paling efisien, ideal untuk operasi suhu rendah dan tidak memerlukan pengisian ulang eksternal.

Toyota Hybrid dapat beroperasi dalam tiga mode: CHARGE, ECO dan POWER. Tergantung pada mode mengemudi dan gaya mengemudi pengemudi, mobil menentukan mode optimal dan karenanya menampilkannya pada indikator pembangkit listrik hybrid.

BIAYA – pengisian otomatis baterai-HV dari sistem hybrid kendaraan terjadi selama pengereman yang mulus dan stabil karena pemulihan energi kinetik. Baterai HV juga secara otomatis terisi saat mobil berjalan. Akumulasi muatan digunakan oleh motor listrik untuk pergerakan lebih lanjut, menghemat bahan bakar. Dalam mode ECO, penggerak hibrid digunakan seefisien mungkin.

Saat mengemudi di dalam kota dalam mode ECO, sistem sering kali memungkinkan anda untuk mengemudi secara eksklusif dengan traksi listrik.

POWER – Saat berakselerasi, menyalip atau melaju dengan kecepatan tinggi, mobil menggunakan sinergi tenaga mesin pembakaran internal dan sistem hybrid untuk mencapai performa dinamis tinggi.

Sistem hybrid pada Toyota Camry

Dengan menggunakan prinsip efisien berbagi mesin bensin dan komponen kelistrikan, kendaraan dapat menempuh jarak tanpa perlu mengisi ulang.

Hal ini menjadikan kendaraan hibrida Toyota pilihan optimal untuk lalu lintas kota dan perjalanan jauh.

Pengemudi modern berupaya untuk menjadi pemilik mobil yang akan memenuhi persyaratan gaya hidup cerdas baru dan standar kualitas yang lebih tinggi.

Hibrida bensin-listrik yang dapat diisi sendiri dari Toyota memenuhi kriteria modern untuk efisiensi, ketangguhan, dan progresif yang sangat maju dan modern serta nyaris sempurna untuk kebutuhan kendaraan 10 tahun yang akan datang.

Sebagai tambahan jika anda membutuhkan informasi pembelian semua unit mobil Toyota baik kas dan cicil maka bisa cek penawaran menarik bulan ini seperti kredit innova, fortuner dengan banyak bonus yang siap menanti anda.