Sebuah perusahaan yang menggunakan banyak komputer untuk menunjang kinerjanya, maka tentu akan membutuhkan suatu sistem yang mendukung jaringan komputer tersebut. Hal ini dikarenakan jaringan tersebut menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya dalam hal pengiriman dan penerimaan data. Oleh karena itu, sebuah jaringan komputer yang bisa berfungsi dengan baik sangatlah dibutuhkan oleh perusahaan maupun institusi lainnya. Untuk membentuk sebuah jaringan komputer yang baik, maka pengguna harus menggunakan alat yang bisa menghubungkan komputer dalam jaringan tersebut. Salah satunya adalah network switch yang juga dikenal dengan nama switching hub. Prinsip kerja dari switching hub adalah proses transfer data ke layer 2 dengan menggunakan MAC Addresses yang ada pada OSI Model. Beberapa switching hub juga bisa diperbarui dengan menggunakan layer 3.

Saat ini, di pasaran ada banyak network switch yang bisa dipilih oleh masyarakat. Hal ini berdasarkan bentuk switching hub, konfigurasi yang digunakan, serta jumlah port yang tersedia dalam setiap switching hub. Oleh karena itu, pengguna bisa memilih salah satu switching hub berdasarkan kapasitas jaringan komputer yang mereka miliki. Salah satunya adalah Omni Switch 6450 – P24. Switching hub ini memiliki beberapa keunggulan yaitu pengoperasiannya yang mudah karena dilengkapi dengan saklar otomatis. Selain itu, sistem keamanan yang sangat baik karena dilengkapi dengan Virtual Local Area Network (VLAN). Keunggulan lainnya adalah harganya yang relatif lebih murah serta pemeliharaan yang cukup mudah. Hal ini tentu berguna bagi home office atau instansi lainnya. Selain itu, fitur yang tersedia pada switching hub ini adalah jumlah port yang disediakan sebanyak 24 buah. Sementara itu, kecepatan jaringan adalah sebesar 128 Gb/s. Switching hub ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas dari data yang dikirimkan. Sehingga, informasi yang tersampaikan akan lebih akurat. Omni Switch 6450 – P24 juga bisa meningkatkan kualitas dari fitur Voice Over Internet Protocol (VoIP) dan QoS. Produk ini juga memiliki fitur Power over Ethernet atau yang disebut dengan PoE+. Ukuran dari Omni Switch 6450 – P24 tidak terlalu besar sehingga cocok disimpan sebagai switching hub desktop. Ukuran panjang x tinggi x kedalaman adalah sebesar 17.32 cm x 4.4 cm x 31.24 cm. Sementara itu, berat dari switching hub ini adalah sekitar 5.05 kg.

Contoh network switch lain yang ada di pasaran adalah OmniSwitch 2220. Switching hub bisa digunakan pada berbagai perusahaan baik skala besar maupun kecil. Selain itu, pengoperasian dari switching hub ini juga cukup mudah sehingga praktis untuk digunakan. Harganya yang relatif lebih murah dengan sistem keamanan jaringan yang baik menjadi keunggulan lain dari produk OmniSwitch 2220. Switching hub ini juga dilengkapi dengan teknologi Power Over Ethernet (PoE+) untuk memberikan performa terbaik bagi para pengguna. Keunggulan lainnya dari OmniSwitch 2220 adalah mempunyai keamanan jaringan nirkabel yang baik dan didukung oleh konfigurasi yang mudah dan sederhana. Selain itu, kecepatan konektivitasnya juga cukup tinggi dan dipadukan dengan beberapa fitur komunikasi seperti IP telephony. Fitur lainnya adalah adanya 8 – port yang bisa digunakan untuk menghubungkan 8 buah perangkat. Kapasitas kecepatannya adalah sebesar 20 Gb/s. Selain itu, switching hub ini juga hemat energi karena dilengkapi dengan teknologi terbaru yaitu Energy Efficient Ethernet (EEE). OmniSwitch 2220 juga memiliki akses terhadap Access Control List (ACL).