Apakah Kebutuhan Serat Harian Setiap Orang Berbeda-beda?

Serat merupakan elemen penting yang harus dicukupi kebutuhannya setiap hari. Ketika kebutuhan serat Anda cukup maka akan berdampak baik pada kesehatan. Diketahui bahwa kebutuhan serat harian setiap orang berbeda-beda. Ternyata bergantung pada usia dan juga jenis kelamin dari orang tersebut.

Sangat penting untuk mendapatkan jumlah serat yang tepat untuk sistem tubuh anda bisa berjalan dengan baik. Lalu berapa  angka kecukupan serat per hari berdasarkan usia?

Kebutuhan Serat Per Hari Berdasarkan Usia

Untuk kebutuhan serat harian, berikut beberapa informasi kecukupan kebutuhan saat berdasarkan usia.

  • Untuk laki-laki dewasa, usia 18 – 50 tahun membutuhkan 36-37 gram serat.
  • Untuk wanita dewasa, usia 18-50 berkisar di angka 29-32 gram serat.
  • Untuk bayi 0-15 bulan membutuhkan 0 gram serat.
  • Untuk bayi 6-11 bulan membutuhkan 11 gram serat.
  • Untuk anak usia 1 – 3 tahun membutuhkan 19 gram serat.

Makanan Untuk Penuhi Kebutuhan Serat Harian

Memenuhi kebutuhan serat adalah kewajiban Anda sebagai pertanggungjawaban pada tubuh sendiri. Berikut beberapa makanan yang bisa membantu kecukupan serat per hari.

  • Makanan dengan karbohidrat utuh, Anda bisa mendapatkannya dari kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran dengan kandungan pati dan juga roti gandum.
  • Sayuran hijau, Anda bisa konsumsi sayuran yang diolah atau salad. Khusus untuk salad, bisa dikonsumsi sebelum waktu makan agar bisa meningkatkan asupan serat dalam tubuh.
  • Buah, apel dan pir bisa menjadi salah satu pilihan untuk makanan dengan serat tinggi. Untuk menambah asupan serat lebih tinggi bisa dicampur dengan selai kacang atau keju. Bisa mengkonsumsi langsung buah secara utuh atau dibuat sebagai jus
  • Tepung kaya serat, ada banyak jenis tepung. Namun anda bisa pilih tepung yang bahannya dibuat dari biji-bijian. Mulai dari tepung almond, tepung kedelai, tepung hazelnut dan quinoa.

Dari informasi di atas, tentu anda kini sudah tidak bingung lagi untuk mengetahui berapa jumlah serat harian yang harus dipenuhi. Karena ternyata pada wanita dan pria hingga anak-anak atau bayi punya kebutuhan serat yang berbeda. Rekomendasi beberapa makanan dengan serat tinggi di atas juga wajib Anda pilih untuk penuhi kebutuhan serat harian.