Amankah Mengonsumsi Buah Manggis Untuk Ibu Hamil? Ini Penjelasannya!

Kesehatan

Selama menjalani kehamilan, Bunda tentu lebih hati-hati dalam mengonsumsi makanan. Hal ini tentu saja untuk memastikan asupan dalam tubuh terjaga dengan baik. Salah satu pertanyaan yang sering diajukan, apakah buah manggis untuk ibu hamil aman untuk dikonsumsi?

Meskipun buah ini sangat menggoda untuk dimakan, Bunda tentu ingin memastikan keamanannya terlebih dahulu. Apa benar, tidak ada kandugan yang bisa membahayakan pertumbuhan janin?

Sebenarnya, sama dengan jenis buah-buahan lainnya, buah manggis untuk ibu hamil tentu saja aman dikonsumsi. Bahkan buah ini memiliki nutrisi dan manfaat yang luar biasa untuk ibu hamil dan janin.

Artikel terkait:5 Manfaat menakjubkan buah manggis untuk anak, cegah kanker hingga diabetes

Alasan buah manggis untuk ibu hamil aman dikonsumsi

Meskipun aman dikonsumsi, perlu diingat agar ibu hamil mengonsumsinya dalam porsi yang cukup. Bukankah prinsipnya, segala sesuatu yang dimakan secara berlebih memang tidak baik? Lalu apa kandungan nutrisi di dalam buah manggis?

Selain memiliki rasa yang lezat menyegarkan, buah manggis merupakan sumber serat dan karbohidrat yang kaya dan memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi serta zat besi, kalsium dan kalium.

Buah ini menjadi salah satu sumber vitamin B kompleks yang moderat seperti tiamin, niasin, dan folat. Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor yang membantu tubuh untuk memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

Kandungan buah manggis yang paling penting adalah sumber besar xanthones. Xanthones adalah fitonutrien atau antioksidan yang penting untuk bagi tubuh.

Tahukah Bunda kalau dalam satu cangkir manggis kalengan memiliki kandungan 143 kalori?

Namun perlu diperhatikan, mengonsumsi obat yang mengandung kulit manggis perlu dihindari karena dapat memengaruhi janin. Dan yang terbaik, konsultasikan dengan dokter dahulu sebelum mengonsumsi buah manggis.

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil

1. Mengurangi risiko cacat lahir pada janin
Satu cangkir buah manggis mengandung 61 mikrogram asam folat. Itulah mengapa buah manggis dapat mengurangi risiko cacat lahir, karena fungsi folat yang terkandung di dalamnya memainkan peran penting.

2. Meningkatkan pertumbuhan janin
Selain folat, manggis juga banyak mengandung mineral mangan. Kandungan ini penting untuk proses pembentukan tulang rawan dan sistem kerangka pada janin Anda.

Satu cangkir jus manggis, memberi 0.2 mg mangan. Juga sifat antioksidan dari manggis melindungi Anda dan janin dari kerusakan sel.

3. Melindungi dari kanker
Manggis terkenal dengan kandungan xanthones yang memberikan manfaat sebagai anti-kanker. Xanthones dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh selama kehamilan.

Sehingga dapat melindungi Anda dan janin dari efek berbahaya dari penyakit mematikan ini.

Artikel terkait:5 Cara memilih durian yang tepat, dijamin matang, legit dan berdaging tebal!

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Manggis mengandung banyak vitamin C yang merupakan vitamin penting untuk kesehatan janin. Satu cangkir manggis bernilai sekitar 5,7 mg nutrisi.

Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda dan meminimalkan risiko tertular infeksi berbahaya yang membahayakan janin selama kehamilan.

Vitamin ini juga dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh Anda, sehingga dapat meningkatkan elastisitas kulit dan membantu mengakomodasi pertumbuhan janin.

5. Mengobati sembelit
Studi medis mengungkapkan bahwa lebih dari setengah wanita hamil menderita masalah sembelit selama masa kehamilan. Buah manggis dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang dihasilkan dari sembelit itu.

Satu cangkir manggis meminimalkan risiko komplikasi kehamilan seperti preeklampsia.

6. Menjaga kadar diabetes
Manggis merupakan obat alami yang sangat baik untuk diabetes. Mengonsumsi manggis saat kehamilan nyataya memang bisa mengatur kadar glukosa darah dan melindungi dari efek berbahaya diabetes selama kehamilan.

Tapi sekali lagi, sebelum mengonsumsi buah manggis, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter ya, Bun.

Referensi:StyleCraze, Momjunction
Baca juga:
> Ternyata makan durian bermanfaat bagi ibu menyusui, ini penjelasannya

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga professional di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.