Seafood merupakan salah satu makanan pantangan asam urat. Foto: Istimewa

Ada sejumlah jenis makanan pantangan asam urat yang sebaiknya dikenali dengan baik. Menjauhi makanan jenis ini tidak akan membuat penyakit asam urat Anda kambuh dan semakin parah.

Penyakit asam urat atau populer dengan sebutan gout merupakan jenis radang sendi yang kambuh dan sangat menyakitkan saat kadar asam urat dalam darah meningkat. Penumpukan ini terjadi akibat adanya gangguan tubuh tak mampu memprosesnya.

Dalam tubuh yang regular, asam urat biasanya akan larut dalam darah sesuai kebutuhan tubuh. Kelebihannya akan segera dibuang melalui urine. Nah, penumpukan asam urat inilah yang memicu radang pada sendi.

Selain menyebabkan nyeri sendi, penyakit asam urat juga bisa menyerang saluran kemih dan ginjal. Karena itu penting mengontrol makanan khususnya Anda yang pernah terkena nyeri asam urat.

Asam urat yang menumpuk ini merupakan sampah hasil proses tubuh mengolah zat purin dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Serangan nyeri umumnya terjadi pada malam hari meski juga bisa pada waktu lain.

Jenis Makanan Pantangan Asam Urat
Salah satu cara terbaik mengelola gangguan asam urat adalah dengan membatasi asupan makanan yang mengandung purin. Berikut ini berbagai jenis makanan pantangan asam urat yang sebaiknya Anda perhatikan.

Daging Merah dan Jeroan
Kemampuan tubuh penderita asam urat yang tak regular lagi harus pandai memilih makanan yang tepat. Khususnya untuk makanan daging berwarna merah maupun organ tubuh. Seperti hati, otak, ginjal,

Tak sedikit penelitian yang membuktikan bahwa makanan jenis ini memicu serangan asam urat yang menyakitkan. Jenis makanan ini juga termasuk daging sapi muda, daging kalkun, daging rusa, ginjal sapi, hati ayam dan lainnya.

Makanan Olahan
Makanan pantangan asam urat lainnya yang harus dihindari adalah makanan instan. Penelitian menemukan bahwa makanan instan dan snack kemasan yang banyak dijual di pasaran adalah makanan paling berbahaya untuk asam urat.

Olahan Karbohidrat
Makanan olahan karbohidrat juga diketahui mengandung gula yang berbahaya untuk asam urat. Makanan yang termasuk dalam kelompok ini adalah roti, pasta dan nasi putih. Menjauhi makanan ini bisa menjauhkan dari asam urat.

Ikan Laut dan Kerang
Ada sejumlah jenis ikan laut yang termasuk dalam daftar makanan pantangan asam urat dan kolesterol. Makanan itu adalah kerang, lobster, udang, ikan sarden, teri, trout, codfish dan haddock yang harus dihindari karena tingginya purin.

Masakan Bersantan
Penderita asam urat memang harus banyak prihatin. Sebab masakan yang dibuat dengan santan pun wajib dihindari jika tak ingin kambuh penyakitnya. Makanan bersantan mengandung tinggi lemak yang tak baik untuk asam urat.

Minuman Manis dan Bersoda
Minuman manis juga merupakan pantangan yang harus dihindari penderita asam urat. Minuman ini bukan hanya yang mengandung gula, namun juga minuman ringan manis dengan fruktosa. Minum jenis ini juga meningkatkan risiko asam urat.

Buah Durian
Buah durian juga termasuk makanan pantangan asam urat yang harus dijauhi. Buah yang baunya menyengat ini diketahui tinggi lemak yang bisa berdampak buruk jika dimakan penderita asam urat.

Minuman Anggur dan Beralkohol
Minuman beralkohol bukan saja buruk untuk kesehatan, namun juga berbahaya untuk penderita asam urat. Minuman ini termasuk dari anggun, bir dan yang mengandung alkohol. Konsumsi sedikit saja langsung terasa dampaknya.

Itulah daftar makanan pantangan asam urat dan kolesterol yang sebaiknya dikenali dan dijauhi. Selain menghindari pantangan ini, penderita asam urat juga harus menjalani gaya hidup sehat. (R9/HR-Online)