7 Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh, Mengandung Lemak Baik

Ilustrasi kelapa. Shutterstock/Mukesh Kumar Merdeka.com – Buah kelapa adalah buah populer yang berasal dari daerah beriklim tropis. Sejak sekitar 4500 tahun, buah kelapa telah dimanfaatkan oleh penduduk-penduduk negara tropis dalam berbagai macam cara. Buah kelapa memiliki banyak hal untuk ditawarkan, termasuk di antaranya manfaat buah kelapa untuk kesehatan tubuh.

Kelapa adalah buah dari pohon kelapa (Cocos nucifera). Buah kelapa digunakan sebagai minuman, sari/santan, minyak, dan dagingnya yang lezat juga dikonsumsi. Buah kelapa yang masih muda selain bernilai ekonomi tinggi, daging buahnya memiliki komposisi gizi yang cukup baik, antara lain mengandung asam lemak dan asam amino esensial yang sangat dibutuhkan tubuh.

Sedangkan air kelapa selain dikonsumsi sebagai minuman segar juga mengandung bermacam-macam mineral, vitamin, gula, serta asam amino esensial sehingga dapat dikategorikan sebagai minuman ringan bergizi tinggi dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Berikut ini adalah 7 manfaat buah kelapa bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Kaya Akan Nutrisi
Manfaat buah kelapa bagi kesehatan yang pertama terdapat dalam kandungan nutrisinya yang kaya. Tidak seperti banyak buah-buahan lain yang tinggi karbohidrat, buah kelapa kebanyakan mengandung lemak. Buah kelapa juga mengandung protein, beberapa mineral penting, dan sejumlah kecil vitamin B.

Kandungan mineral dalam buah kelapa terlibat dalam banyak fungsi dalam tubuh Anda. Buah kelapa mengandung mangan yang sangat tinggi. Yang mana, mangan sangat penting untuk kesehatan tulang dan metabolisme karbohidrat, protein, dan kolesterol. Buah kelapa juga kaya akan tembaga dan besi, yang membantu membentuk sel darah merah, serta selenium, antioksidan penting yang melindungi sel-sel Anda.

Sebagian besar lemak dalam buah kelapa adalah dalam bentuk trigliserida rantai menengah (MCT). Tubuh Anda memetabolisme MCT secara berbeda dari jenis lemak lainnya, menyerapnya langsung dari usus kecil dan menggunakannya dengan cepat untuk energi.

2. Baik Untuk Kesehatan Jantung

©2020 Merdeka.com/

Manfaat buah kelapa bagi kesehatan yang kedua adalah untuk menunjang kesehatan jantung Anda. Studi oleh New Zealand Institute of Chemistry telah menemukan bahwa orang yang tinggal di pulau-pulau Polinesia dan sering makan daging kelapa memiliki tingkat penyakit jantung yang lebih rendah daripada mereka yang mengikuti food regimen Barat.

Studi lain yang juga dilakukan oleh New Zealand Institute of Chemistry pada 1.837 wanita Filipina menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih banyak minyak kelapa tidak hanya memiliki kadar HDL (baik) kolesterol yang lebih tinggi tetapi juga kadar LDL (buruk) kolesterol dan trigliserida yang lebih tinggi.

Secara keseluruhan, disimpulkan bahwa minyak kelapa memiliki efek netral pada kadar kolesterol. Mengonsumsi minyak kelapa murni, yang diekstrak dari daging kelapa kering, dapat mengurangi lemak perut. Ini sangat bermanfaat karena kelebihan lemak perut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

three. Bantu Kontrol Gula Darah
Manfaat buah kelapa bagi kesehatan yang ketiga adalah untuk membantu mengontrol gula darah dalam tubuh. Buah kelapa rendah karbohidrat dan tinggi serat dan lemak, sehingga dapat membantu menstabilkan gula darah Anda.

Satu penelitian pada hewan (tikus) oleh Department of Biochemistry, University of Kerala India menemukan bahwa buah kelapa memiliki efek antidiabetes, yang mungkin disebabkan karena kandungan argininnya. Arginin adalah asam amino yang penting untuk fungsi sel-sel pankreas, yang melepaskan hormon insulin untuk mengatur kadar gula darah Anda.

Kandungan serat yang tinggi dari daging buah kelapa juga dapat membantu memperlambat pencernaan dan meningkatkan resistensi insulin, yang dapat membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

four. Mengandung Antioksidan yang Kuat

©Istimewa

Manfaat buah kelapa bagi kesehatan yang keempat adalah dari kandungan antioksidannya yang kuat. Daging buah kelapa mengandung senyawa fenolik, antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Senyawa fenolik utama yang diidentifikasi meliputi:

* asam galat
* asam caffeic
* asam salisilat
* asam p-coumaric

Tes laboratorium yang termuat dalam International Journal of Food Properties pada daging buah kelapa telah menunjukkan bahwa ia memiliki aktivitas antioksidan dan radikal bebas. Polifenol yang ditemukan di dalamnya dapat mencegah oksidasi kolesterol LDL (buruk), sehingga lebih kecil kemungkinannya untuk membentuk plak di arteri yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian tabung dan hewan juga menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat membantu melindungi sel dari kerusakan dan kematian yang disebabkan oleh stres oksidatif dan kemoterapi

5. Bantu Turunkan Berat Badan
Manfaat buah kelapa bagi kesehatan yang kelima adalah untuk membantu menurunkan berat badan, sehingga baik ditambahkan ke dalam menu food plan Anda. Buah kelapa dapat menambah rasa gurih yang enak pada berbagai hidangan gurih. Selain itu, buah kelapa yang diparut juga dapat digunakan sebagai topping dari beragam makanan manis seperti kue, muffin, dan roti-rotian.

Taburan parutan buah kelapa mentah juga dapat menambah tekstur dan rasa ala tropis pada oatmeal. Bisa juga ditambahkan ke dalam puding atau yogurt untuk penambah kalori yang lezat bagi seseorang yang ingin menambah berat badan. Tepung kelapa juga banyak digunakan dalam pembuatan roti sebagai pengganti tepung terigu. Tepung kelapa bebas gluten dan pilihan populer bagi Anda yang menghindari karbohidrat.

6. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Shutterstock/Madlen

Manfaat buah kelapa bagi kesehatan yang keenam adalah untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit. Mengonsumsi air kelapa muda sangat baik untuk asupan elektrolit yang dibutuhkan tubuh.

Air kelapa muda adalah sumber elektrolit yang menduduki peringkat pertama dan bertanggung jawab untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Ini juga akan menjaga saraf dan otot agar berfungsi secara optimal.

7. Menjaga Kesehatan Kulit
Manfaat buah kelapa bagi kesehatan yang ketujuh adalah untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan awet muda, Anda bisa memanfaatkan minyak kelapa (coconut oil). Minyak kelapa diketahui mengandung antioksidan yang memperlambat proses penuaan dan melindungi kulit Anda dari radiasi berbahaya oleh matahari.

Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan beberapa tetes minyak kelapa pada kulit. Gunakan sebelum mandi, agar minyak lebih mudah diserap melalui kulit setelah pori-pori terbuka.

[edl]