Manggis (Garcinia mangostana L) adalah tumbuhan di daerah tropis yang memiliki ketinggian 7 hingga 25 meter dengan warna buah merah keunguan ketika matang.

Manggis adalah salah satu buah primadona di kalangan banyak orang sebab rasanya enak, harganya bersahabat dengan kantong, dan berbagai khasiat yang terkandung di dalamnya. Bahkan manggis dijuluki “ratu buah” dalam dunia perdagangan.

Buah manggis dikenal sebagai sumber antioksidan yang kuat, vitamin, serat serta mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh. Nah, biar gak penasaran, yuk simak deretan kandungan buah manggis yang baik untuk tubuh berikut!

1. Karbohidrat
Instagram/mformarvellous Karbohidrat merupakan salah satu zat gizi yang penting sebab karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Selain itu, karbohidrat juga memiliki manfaat sehat lain seperti meningkatkan kesehatan jantung, mengendalikan berat badan, meningkatkan kesehatan pencernaan, serta membantu menjaga massa otot.

2. Vitamin C
Instagram/hyoyzz Vitamin C adalah salah satu zat gizi yang tak kalah penting untuk tubuh. Manggis sendiri mengandung vitamin C yang melimpah. Nah, vitamin C sendiri memiliki banyak manfaat besar untuk tubuh kamu seperti memperkuat daya imun, mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, menyehatkan kulit, menangkal radikal bebas, serta mencegah penuaan dini

Dengan mengonsumsi buah manggis badan akan lebih sehat dan bonusnya kulit juga akan lebih sehat, cantik, serta awet muda.

3. Fosfor
Instagram/mformalvellous Fosfor adalah mineral yang memainkan peran penting dalam hampir setiap fungsi tubuh. Salah satu manfaat fosfor terbesar adalah membantu proses pembentukan tulang dan gigi yang sehat dan kuat. Sedangkan peran lain dari fosfor yang tidak kalah penting adalah meningkatkan kinerja dari organ dalam proses pencernaan makanan serta mengatur proses pembuangan sisa metabolisme dan zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Buah Manggis yang Manis dan Segar

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks
4. Kalsium
pexels.com/@quang-nguyen-vinhKalsium adalah salah satu zat yang yang penting dan diperlukan oleh tubuh. Kalsium menyumbang sekitar 2% dari keseluruhan berat tubuh manusia dan berperan penting terhadap fungsi-fungsi dasar tubuh, seperti menjaga fungsi otot, impuls saraf, jantung, dan pembentukan tulang dan gigi, dan masih banyak lagi manfaat kalsium untuk tubuh

5. Vitamin B Kompleks
pexels.com/@moose-photosVitamin B kompleks merujuk pada semua vitamin penting yang larut dalam air. Vitamin B kompleks tersebut yaitu tanin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), asam pantotenat (vitamin B5), pyridoxine (vitamin B6), biotin (vitamin B7), Inositol (B8), asam folat (vitamin B9), PABA (vitamin B10), Asam Salisilat (vitamin B11) dan cobalamins, (vitamin B 12).

Vitamin-vitamin B kompleks yang terkandung dalam manggis memiliki berbagai fungsi besar pada tubuh seperti meningkatkan energi, membantu proses metabolisme, meningkatkan fungsi otak, mencegah penuaan dini, dan menurunkan kadar kolesterol.

6. Magnesium dan potasium
pexels.com/mastercowleyMagnesium adalah mineral yang tak kalah penting untuk tubuhmu. Banyak sekali manfaat dan fungsi magnesium mulai dari meningkatkan kepadatan mineral tulang, menurunkan tekanan darah, mengurangi migrain, insomnia, dan depresi serta menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Sementara potasium berperan penting dalam meningkatkan metabolisme karbohidrat di dalam tubuh, meningkatkan massa otot, menyehatkan jantung, memperkuat daya imun, menghindari dehidrasi, serta meningkatkan kesehatan sel-sel otak.

Selain kandungan zat gizi di atas, buah manggis juga memiliki kandungan lain yang tak kalah penting untuk tubuh seperti vitamin A dan zat besi.

Nah, itu tadi deretan kandungan dari buah manggis yang sangat baik untuk tubuh. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsinya karena ia memiliki segudang manfaat sehat.

Baca Juga: 10 Manfaat Dari Buah Feijoa, Jambu Biji dengan Rasa Nanas

Verified Writer Annisa Fadillah ig: @annisa_fadillah02

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.