3 Fitur Utilitas Yang Harus Ada Pada Meja Kantor

Di kantor, asas utilitas (kegunaan) menjadi pertimbangan penting setiap pengadaan barang. Misalnya, kantor ingin membeli sebuah meja, maka tidak semua jenis meja bisa dipilih. Sebelum membeli, bagian perlengkapan tentu memiliki analisa kegunaan meja tersebut.

Selain meninjau asas utilitas, tentu terdapat pertimbangan lain seperti dana dan ukuran. Akan tetapi, banyak kantor yang lebih memilih atas utilitas ketimbang menyoal dana. Alasannya, ketika meja memiliki fungsi yang lengkap, justru kantor tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pengadaan barang.

Nah, sebelum Anda pergi ke toko furniture, sebaiknya memilih meja kantor memang dipertimbangkan berdasarkan asas utilitasnya. Namun secara umum, kriteria meja kantor yang ideal akan memiliki 3 fitur utama. Apa saja tiga fitur itu? Baca artikel ini hingga tuntas ya!

Laci Meja

Fitur utama yang harus terdapat pada meja kantor ialah laci. Laci meja bahkan bisa dikategorikan sebagai fitur mutlak yang wajib ada. Laci-laci meja akan berfungsi sebagai penyimpanan berkas, peralatan, barang, dan lain-lain.

Meski beberapa kantor kadang menyediakan lemari khusus untuk menyimpan barang, tetapi meja kantor pun tetap diperlukan. Sangat tidak efisien ketika pegawai harus bolak-balik mengambil barang di lemari, kemudian dibawa ke meja, begitu seterusnya. Hal mana ketika barang atau berkas tersedia di laci, kerja efisien menjadi sangat terkondisikan.

Hal penting lainnya dari sebuah laci ialah faktor keamanan. Pastikan laci meja kantor terdapat fitur kunci, sehingga pegawai bisa mengamankan berkas atau barang di dalamnya.

Privasi

Saat ini sudah banyak sekali desain meja kantor yang dapat dijumpai di toko furniture. Ada meja jenis polos, ada pula yang terdapat (semacam panel) untuk melindungi tubuh pegawai dari pandangan orang lain. Pelindung (panel) pun ada yang transparan, ada juga yang tidak tembus pandang.

Fitur privasi ini terbilang sangat penting untuk menjaga kondusivitas saat bekerja. Dengan adanya panel yang berfungsi sebagai tirai privasi, pegawai menjadi nyaman, dan tidak saling lirik. Tujuannya, tentu agar pegawai menjadi fokus dengan pekerjaannya masing-masing.

Selain fungsi privasi, sebenarnya dengan adanya fitur semacam ini kantor menjadi hemat pengeluaran. Idealnya, setiap pegawai dengan tugas atau bagian tertentu memerlukan ruangan khusus. Tetapi, dengan adanya meja jenis ini, pegawai seolah memiliki ruangan personal.

Jika meja yang akan dibeli untuk ditempatkan di bagian dalam kantor, maka sebaiknya fitur privasi ini perlu dipertimbangan. Tetapi, jika meja kantor untuk bagian depan (resepsionis), meja yang tanpa tirai lebih baik. Toh seandainya tetap ingin memilih meja privasi, kantor bisa memilih tirai yang transparan atau tembus pandang.

Fitur Multifungsi

Meja kantor saat ini sangat bervariasi, bahkan beberapa jenis memiliki fitur multifungsi. Artinya, meja tersebut bisa digunakan lebih dari satu keperluan. Adanya sistem bongkar pasang, salah satunya. Sebagai contoh meja kantor yang memiliki panel pelindung. Akan menjadi sangat hemat anggaran apabila meja tersebut panelnya bisa dibongkar-pasang. Sehingga dalam penggunaannya bisa diatur sesuai kebutuhan.

Selain laci meja untuk menyimpan berkas, meja multifungsi biasanya memiliki tempat untuk menyimpan keyboard komputer. Bayangkan saja betapa semrawutnya apabila keyboard komputer terpampang begitu saja di atas meja. Selain tidak enak dilihat, tentu saja itu bisa menganggu kenyamanan bekerja.

Satu hal lagi yang tak kalah penting. Pastikan meja kantor yang akan dibeli memiliki pijakan kaki. Meski sepele, pijakan kaki pada meja kantor dapat menunjang kenyamanan bekerja karena dengan posisi duduk ideal.

Nah, itulah tiga fitur utilitas yang harus ada pada meja kantor. Selain dari fitur, jangan lupa untuk membeli meja kantor dengan kualitas bahan terbaik ya, agar meja awet dan tahan lama.