10 Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan, Baik Untuk Mencegah Penuaan Dini

Ilustrasi buah pir. ©2020 Merdeka.com Merdeka.com – Buah pir yang berasal dari kata pear menjadi salah satu buah yang digemari di Indonesia. Sebab, rasa khasnya yang identik dengan banyak air, masir, dan manis, sangat digemari.

Buah pir berasal dari Eropa Barat, Asia, dan Afrika Utara. Termasuk subur di Indonesia karena memiliki kesamaan iklim tropis. Ada begitu banyak jenis pir, beberapa di antaranya tetap bisa bertahan meski dilanda musim dingin.

Buah pir yang paling umum ada di Asia termasuk Indonesia ialah jenis Pir Nashi atau Pyrus pyrifolia. Buah yang bisa disantap begitu saja atau diolah menjadi sup buah, tetap bisa memberikan manfaat yang berarti bagi tubuh.

Berikut merdeka.com rangkum dari berbagai sumber mengenai manfaat buah pir untuk kesehatan.

1. Kandungan Berbagai Nutrisi
Manfaat buah pir untuk kesehatan yang pertama yakni mengandung berbagi nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Tentunya buah pir memiliki vitamin C tinggi, vitamin B, K, tembaga, magnesium, dan kalium.

Vitamin C dalam buah pir mampu memberi 12 persen kebutuhan harian, yang baik dalam melindungi DNA tetap sehat, menjaga metabolisme, memperbaiki jaringan yang rusak, dan menghentikan mutase sel.

2. Menjaga Sistem Pencernaan
Buah pir merupakan sumber serat yang baik untuk membantu menjaga sistem pencernaan, dikutip dari The United States Department of Agriculture (USDA) di Amerika Serikat.

Serta kandungan air yang banyak dari buah pir, sekitar 84 persen akan membantu menjaga pencernaan dari racun, dan membuat kotoran lebih lembut mudah untuk dikeluarkan. Sehingga cocok dikonsumsi untuk ekskresi racun di tubuh.

Melansir dari liputan6.com, bahwa studi pada tahun 2015 menunjukkan bahwa manfaat buah pir bagi kesehatan berasal dari kandungan serat dan gula alaminya. Serta ikut andil dalam menghancurkan racun di sistem pencernaan.

3. Mengandung Antioksidan
Mengutip dari hellosehat.com, pir memberi efek antioksidan glutathione dan anti kanker, tentunya sangat baik bagi kesehatan.

Mengonsumsi buah pir segar setiap hari menunjukkan efek positif pada kemampuan tubuh mencegah kanker, menurunkan peradangan, serta menjaga keseimbangan pH tubuh, dari hasil penelitian National Cancer Institute.

four. Melawan Radikal Bebas

Manfaat buah pir untuk kesehatan selanjutnya ialah melawan radikal bebas. Karena buah pir mengandung antioksidan yang tinggi, berbagai vitamin dan mineral lain, dapat menangkal radikal bebas, dengan cara melindungi sel dari kerusakan yang ditimbulkan. Radikal bebas bisa menyebabkan pertumbuhan kanker.

5. Cocok untuk Diet
Apakah Anda sedang program food plan? Buah pir menjadi salah satu menu yang cocok dalam daftar menu makanan menurunkan berat badan Anda. Buah pir mengandung serat yang tinggi dan a hundred kalori, yang membuat Anda kenyang cukup lama. Dalam sebuah studi yang memberikan hasil penurunan berat badan dengan konsumsi buah pir selama 12 minggu.

6. Sangat Cocok untuk Dessert

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh POLTEKKES KEMENKES MEDAN, menemukan bahwa mengonsumsi buah pir dan apel sama-sama mengalami penurunan particles indeks. Debris ialah sisa makanan yang menempel di dalam mulut.

Biasanya beberapa anak akan rewel ketika disuruh sikat gigi, salah satu bentuk meminimalisir kotoran sisa makanan di mulut bisa dengan dessert atau makanan pencuci mulut seperti pudding dan jeli. Buah pir dan apel juga memiliki peran yang sama dan baik bagi tubuh anak.

7. Baik untuk Otak
Mengutip dari doktersehat.com bahwa konsumsi buah pir berukuran sedang bisa mendapatkan asupan copper atau mineral minor harian sekitar 15 persen. Kandungan copper yang tercukupi, baik untuk memperbaiki kekuatan sistem saraf dan kinerja otak, dari hasil penelitian oleh University School of Medicine di Missouri, Amerika Serikat.

8. Memperkuat Kekebalan Tubuh
Manfaat buah pir untuk kesehatan berikutnya ialah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Peran ini diperoleh dari buah pir yang mengandung banyak vitamin C dan K. Sehingga sangat baik untuk tubuh menyerap zat besi, lalu memproduksi sel darah merah baru menjadi baik, serta memperkuat imun.

9. Menjaga Kulit Tetap Sehat
Manfaat buah pir untuk kesehatan kali ini menjadi idaman banyak orang, terutama wanita. Kandungan antioksidan dari buah pir nampak lebih istimewa, karena mampu membantu meningkatkan kekebalan kulit dari infeksi, mencegah penuaan dini, dan memperbaharui sel di dalam kulit.

10. Mencegah Diabetes
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa buah pir memiliki gula alami yang baik. Ada pula kandungan lain yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, yakni flavonoid.

Flavonoid dalam buah pir membantu mencegah dan mengobati diabetes. Dikutip dari hellosehat.com, hal yersebut didukung dari hasil penelitian oleh Center for Disease Control and Prevention terhadap 9600 orang dewasa.

Buah dipercaya sebagai buah rendah indeks glikemik yang baik untuk gula darah, seporsinya mengandung sekitar gram karbohidrat. Rasa manis dan efek mengeyangkannya akan membantu menahan keinginan untuk makan-makanan manis lainnya.

Itulah beberapa manfaat buah pir untuk kesehatan yang sangat cocok masuk daftar konsumsi harian bersama keluarga, serta baik untuk seluruh batasan usia. Semoga bermanfaat.

[kur]